Kajian Fiqh Sullamut Taufiq Bagian 1.

بسم الله الرحمن الرحيم

” Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”. Penjelasan:
Pengarang kitab- Syeikh Imam Nawawi Banten – memulai dengan membaca Bismillah karena ingin mendapatkah berkah dari Allah Swt.Sebab segala amalan yang nilainya baik jika tidak dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahim tidak sempurna atau mendapatkan berkah yag sangat sedikit. Karena dalam hadist Rasulullah Saw bersabda: كل أمر ذي بال لا يبدأ باسم الله الرحمن الرحيم فهو أبتر. رواه أحمد في مسنده
“Setiap perkara yang tidak dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahim maka dia akan terputus. Artinya adalah kurang barakahnya.
Untuk itu, karena Allah Swt Dzat yang memberi berkah,nikmat kepada kita hendaklah segala sesuatu amalan yang sifatnya baik dimulai dengan Bismillahirrahmanirrahim.
الحمد لله رب العالمين, وأشهد ان لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد ان محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وسلم وعلى آله وصحبه والتابعين اما بعد.
” Segala puji hanya milik Allah, Rab semesta alam.
Penjelasan:
Kalimat ini ( Alhamdulillah ) terdiri dari tiga kata, Pertama: alhamdu, Kedua: li, dan ketiga: Allah. Hamd artinya pujian, penambahan al bermakna untuk semua hal sehingga alhamdu diartikan segala puji dan li bermakna pengkhususan bagi Allah.
Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah. Tiada sekutu bagi_Nya, dan Aku bersaksi,bahwa Nabi Muhammad adalah seorang hamba dan Utusan_Nya. Rahmat dan kebahagiaan semoga dilimpahkan kepadanya,seluruh keluarganya,para sahabat dan para pengikutnya.
فهذا جزء لطيف يسره الله تعالى فيما يجب تعلمه والعمل به للخاص والعام. والواجب ما وعد الله فاعله بالثواب وتوعد تاركه بالعقاب.
Kitab ini termasuk bagian kitab yang walaupun kecil isinya sangat berharga,karena didalamnya menerangkan perkara yang wajib dipelajari serta diamalkan bagi orang yang mempunyai wawasan atau yang belum memahami. Semoga Allah Swt memberikan kemudahan bagi kita.
Adapun yang disebut wajib adalah: Setiap perkara yang Allah Swt telah menjanjikan pahala atas orang yang mengamalkan dan akan menyiksa bagi orang yang meninggalkannya.
وسميته سلم التوفيق إلى محبة الله على التحقيق اسأل الله الكريم ان يجعل ذلك منه وله وفيه واليه وموجبا للقرب والزلفى لديه وأن يوفق من وفق عليه بالعمل بمقتضاه ثم الترقى بالتودد بالنوافل ليحوز حبه وولاه.
Aku ( Syeikh Nawawi Al_Bantani ) memberi nama kitab ini dengan Sullamut Taufiq ( سلم التوفيق ) Yang artinya adalah: Tangga pertolongan untuk mencintai Allah dengan sebenar benarnya.
Aku ( Syeikh Nawawi Al_Bantani ) memohon kepada Allah Swt, semoga buku kecil ini mendapat ridha_Nya. Sebagai usaha yang diterima disisi_Nya dan menjadikan sebab ( kitab ini ) untuk mendekatkan kepada Allah Swt serta mendapat tempat diharibaan_Nya kelak. Semoga Allah Swt memberikan pertolongan bagi orang yang membaca kitab ini,untuk mengamalkan isinya,melaksanakan kewajiban serta meninggalkan segala larangan Allah Swt,menyukai pekerjaan yang sunnat ( النوافل ) agar ia selalu mendapatkan cinta Allah Swt dan pertolongan_Nya.
Barang siapa yang telah mampu meninggkatkan amal ibadahnya dari yang wajib sampai yang sunnah,maka Allah Swt berfirman dalam Hadist Qudsi:
ولا يزال عبدي يتقرب إليّ بالنوافل حتى أحبه ، فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به ، وبصره الذي يبصر فيه ، ولسانه الذي ينطق به, ويده التي يبطش بها ، ورجله التى يمشي بها. رواه البخاري.
” Seorang hamba yang senantiasa mendekatkan dirinya kepada_Ku dengan mengamalkan hal hal yang sunnah hingga Aku mencintainya, maka bila Aku mencintainya,Akulah yang menjaga pendengarannya bila ia mendengar,menjaga penglihatannya bila ia melihat,menjaga tangannya bila ia akan memukul dan menjaga kakinya bila ia melangkah. Dalam pengertian Allah Swt yang menjaga pendengarannya,lisannya,pengihatannya,tangan dan kakinya dari sesuatu yang tidak diridhai Allah Swt. Wallahu ‘Alam Bisshowab.
Ditulis/ Guslik An_Namiri. 06_April_2013
Bersambung Pada Bagian Ke 2 Insya Allah ….
Iklan
Pos ini dipublikasikan di Home. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s