0023-Makna Hukum Hudud

Pertanyaan dari Saudara Faa Rifa@ 26 Maret 2013 sebagai berikut :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Anggota Majlis Taklim yang saya hormati….

Pertanyaan :

Memandangkan pertanyaan sebelmnya selesai sudah n sdh dibungkus saya Langsung tanya aja… Semoga tidak jemu memberi jawapan kepada saya.
Apa yang dinamaka hukum hudud itu? Atas jawabannya mator sakalangkong.


Jawaban :

Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Menanggapi pertanyaan Saudari Faa Rifaa@ sebagai berikut: Yang dinamakan Hudud itu berasal dari kata jamak Al Had ( الحد ) yang dalam bahasa berarti larangan. Karena larangan Allah itu tidak boleh dilanggarnya. Sebagaimana firman Allah Swt: تلك حدود الله فلا تقربوها . Itulah beberapa larangan Allah, maka jangan kalian mendekatinya. Sedangkan menurut istilah yang dinamakan Hudud adalah: Hukuman yang telah diataur oleh syariat bagi seseorang yang melanggar larangan Allah Swt. Seperti beberapa contoh dibawah ini:
(1). Mencuri. (2). Merampok. (3). Menuduh orang berbuat Zina tanpa Mengajukan empat orang saksi yang sah. (4). Minum khamer yang Memabukkan. (5). Murtad dan lain sebagainya.
Atas dasar itu, bagi seseorang yang terjerumus dalam perbuatan perbuatan diatas, maka ia berhak mendapatkan hukum had dari hakim tanpa mendapatkan pemaafan.

Dasar Pengambilan :
الحدود: جمع حد وهو في اللغة المنع ، وحدود الله محارمه، قال تعالى: ” تلك حدود الله فلا تقربوهاوسميت الحدود بذلك لأنها تمنع من الو قوع في مثل ذلك الذنب. وفي الاصطلاح: عقوبة مقدرة شرعا على معصية يُغلَّب فيها حق الله. كتاب الحدود للشيخ يوسف الشبيلي. ص 5.

Dasar Pengambilan :
عن عائشة رضي الله عنها : أن قريشا أهمهم شأن المخزومية التي سرقت ، فقالوا : من يكلم فيها رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟ فقالوا : ومن يجترئ عليه إلا أسامة بن زيد حب رسول الله صلى الله عليه وسلم فكلمه أسامة ، فقال : أتشفع في حد من حدود الله ؟ ثم قام فاختطب ، فقال : إنما أهلك الذين من قبلكم أنهم كانوا إذا سرق فيهم الشريف تركوه ، وإذا سرق فيهم الضعيف أقاموا عليه الحد ، وايم الله : لو أن فاطمة بنت محمد سرقت لقطعت يدها . حديث الشريف

Dasar Pengambilan :
..يجلد إمام حرا مكلفا زنى مائة, ويغرب عاما إن كان بكرا لا مع ظن حل أو مع تحليل عالم,و يرجم محصنا,وأخر رجم لوضع حمل وفطام, ويثبت بإقرار وبينة, ولو أقر ثم رجع سقط,وحد قاذف محصنا ثمانين,ويجلد مكلفا عالما شرب خمرا أربعين بإقراره أو شهادة رجلين ويقطع كوع يمين بالغ سرق ربع دينار أو قيمته من حرز,لا وغصوبا أو فيه, ويقطع بمال وقف ومسجد لا حصوره, ولا بمال صدقة وهو مستحق ..إلى أن قال…ومن أقر بعقوبة لله فلقاض تعريض برجوع كتاب نهاية الزين الجز 1. صفحة 324.

Wallaahu A’lamu Bis Showaab

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategories dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s