0014-Hukum Orang Yang Berhalangan Memakai Air

Pertanyaan dari Saudara Dian Yufril Safitri@ sebagai berikut :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dikala memasuki waktu sholat, apabila tidak ada air maka di wajibkan tayammum untuk menghilangkan hadats kecil ataupun besar, namun di salah satu anggota tayammumnya (tangan) misalnya, tidak bisa di usapin dengan tanah di sebabkan kebakar.

 Pertanyaan :

 Bagaimana saya bisa shalat, sedangkan saya masih dalam keadaan hadast?

Jawaban :

 Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Kepada saudari Dian Yufril@ yang dirahmati Allah. Menanggapi pertanyaan yang saudari tanyakan diatas sebagai berikut:

 

  1. Jika seorang ingin menunaikan shalat, namun ia tidak tidak dapat menggunakan air karena ada halangan syar’i, seperti sakit atau luka yang masih belum sembuh. Maka ia diperbolehkan shalat dengan cara bertayammum.
  2. Jika salah satu anggota wudhu yang ( wajib dibasuh ) masih dalam keadaan dibalut,maka ia cukup dengan cara mengusapnya saja.
  3. Jika orang sakit yang sudah tidak mampu lagi untuk menggunakan air ( jika menggunakan air sakitnya semakin parah ) atau sudah tidak bisa lagi membersihkan najis yang ada dibadannya, maka ia diperbolehkan mengerjakan shalat semampunya karena menghormati waktu ( لحرمة الوقت ) dan dikemudian hari ia harus mengqadha’nya menurut pendapat yang shohih.

 

Dasar pengambilan :

انكسرت إحدي زندي فسألت رسول الله عليه وسلم فأ مر ني أن أمسح علي ا لجبا ئر

satu dari dua pergelangan ku patah,kemudian saya bertanya kepada Rasulallah saw maka beliau menyuruh agar saya mengusap atas balutannya.

إنما كان يكفيه أن يتيمم و يعصب علي جر حه خر قة ثم يمسح عليها و يغسل سا ئر جسده

sesungguhannya cukup baginya tayamum dan membalut lukanya dengan secarik kain,kemudian ia mengusap pada balutan tersebut, kemudian guyurkan air keseluruh badannya.

 

Dasar Pengambilan :

.فإذا كان المرض في عضو من أعضاء التيمم ولا يمكنه مسحه بتراب التيمم أو كان ذلك المسح يضره فإنه يسقط عنه مسه وتجب عليه إعادة الصلاة بعد برئه في هذه الحالة. الفقه على مذاهب الأربعة. ج:1.ص:162 من عجز عن الوضوء والتيمم لمرض شديد أو حبس في مكان ليس به ما يصح التيمم عليه فإنه يجب عليه أن يصلي في الوقت بدون وضوء وبدون تيمم . على أن المريض الذي لا يقدر على القيام للصلاة فإنه يصلي قاعدا فإن عجز يصلي بالإشارة كما سيأتي في مبحث الصلاة بالإيمان والغرض من هذا إنما هو إظهار الخشوع والخضوع لله عز و جل في جميع الأحوال فما دام الإنسان قادرا على إظهار هذا الخشوع بأي كيفية من الكيفيات فعليه أن يفعلها وله على ذلك أجر العاملين الأقوياء بلا فرق بل ربما كان أوفر أجرا لأن الذي يخضع قلبه لمولاه آثار هذا الخضوع على جوارحه وهو مريض تعب أقرب إلى رضوان الله تعالى ورحمته إن شاء الله.الفقه على مذاهب الاربعة. ج:1.ص 157

 Dasar Pengambilan :

( فان تعذر ) نزعه لخوف محذور مما ذكره فى شرح المهذب ( قضى ) مع مسحه بالماء ( على المشهور) لانتفاء شبهه حينئذ بالخف والثانى لايقضى للعذر والخلاف فى القسمين فيما اذا كان الساتر على غير محل التيمم فان كان على محله قضى قطعا لنقص البدل والمبدل جزم به فى أصل الروضة ونقله فى شرح المهذب … الى ان قال: الاظهر انه ان وضع على طهر فلا اعادة والا وجبت. انتهى وعلى المختار السابق له لاتجب . القليوبي. الجز 1 ص 97

Wallaahu A’lamu Bis Showaab

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Bersuci dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s