0006-Hukum Shalat Seseorang Yang Memakai Rambut Palsu

Pertanyaan dari Saudara Farid Amin@ sebagai berikut :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Maaf, saya mempunyai satu pertanyaan. Bagaimana hukumnya orang memakai rambut pasangan terus di pakai untuk sholat, shah tidak shalatnya?

Jawaban :

Menanggapi pertanyaan diatas kami memutuskan sebagai berikut:

1. Kalau sambungan rambut tersebut terbuat dari benda yang najis, maka hukum sholatnya tidak sah.

2. Jika sambungan rambut tersebut bukan dari benda yang najis, maka hokum sholatnya sah, namun tetap haram memakai rambut palsu karna termasuk dalam katagori merubah ciptaan Allah Swt.

 

Keterangan:

أن جارية من الأنصار تزوجت، وأنها مرضت فتمعط شعرها، فأرادوا أن يصلوها، فسألوا النبي صلى الله عليه وسلم فقال: لعن الله الواصلة والمستوصلة. رواه البخاري ومسلم.

” Seorang wanita Anshar hendak menikah, dia dalam keadaan sakit dan rambutnya rontok, mereka hendak menyambungkan rambutnya, lalu mereka bertanya kepada Rasulullah SAW, Beliau menjawab: “Allah melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya.” Riwayat Imam Bukhori Muslim.

Keterangan.

ووصل شعر الآدمي بشعر نجس أو شعر آدمي حرام للخبر السابق ولأنه في الأول مستعمل للنجس العيني في بدنه وفي الثاني مستعمل لشعر آدمي والآدمي يحرم الانتفاع به وبسائر أجزائه لكرامته وكالشعر الخرق والصوف كما قاله في المجموع قال : وأما ربط الشعر بخيوط الحرير الملونة ونحوها مما لا يشبه الشعر فليس بمنهي عنه. مغني المحتاج جز 1. ص 191.

Menyambung rambut dengan menggunakan rambut najis atau rambut anak adam hukumnya haram berdasarkan hadits diatas dan karena memakaikan barang najis dalam dirinya (dalam masalah pertama) serta mengambil keuntungan dari bagian tubuh (rambut) orang lain yang kemulyaannya haram dimanfaatkan.

Seperti halnya rambut juga tidak boleh disambung dengan memakai sobekan kain, bulu wool. Sedang mengikat rambut memakai benang-benang sutera yang di warnai dan benang lain yang tidak menyerupai rambut hukumnya tidaklah di larang.

Kitab Mughni Al_Muhtaaj I/191.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Shalat dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s