0015-Hukum Menabur Bunga Dan Menanam Pohon Diatas Kuburan

Pertanyaan dari Saudara Rafaek Rhobi Akbar@ sebagai berikut :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak Ustad,saya mau tanya apa keitimewaannya orang nyiramin air kembang/menanam pohon hidup diatas kuburan?

Jawaban :

Waalaikumussalam Warahmatullahi Wabarakatuh. Menanggapi pertanyaan yang saudara Rafaek Rhobi Akbar@, kami memutuskan sebagai berikut:

(1). Hukum menabur bunga di kuburan.

(2). Hukum menanam pohon diatas kuburan.

 

  1. Hukum menabur bunga ( harum haruman ) diatas kuburan para Ulama bersilang pendapat.

a.   Sebagian Ulama tidak membolehkan menabur bunga ( harum haruman ) diatas kuburan karena hal tersebut tergolong  dalam amalan yang mubadzir. Sedangkan hadist yang menerangkan  tentang perbuatan Nabi Saw pernah menaruh pelepah korma menurut ulama’ diatas termasuk khususiyahnya Beliau Saw.

b.   Ulama yang lain berpendapat tentang kesunnahan menabur bunga ( harum haruman ) diatas kuburan berdasarkan keumuman hadist yang menerangkan bahwa Rasulullah Saw menaruh pelepah korma diatas kuburan, selama bunga atau pelepah tersebut masih basah  keduanya akan selalu memberikan manfaat pada mayat tersebut. Dan ini yang dipegang  oleh Ulama As_Syafi’iyah.

Dasar Pengambilan :

ﻭﻳﺴﻦ ﺃﻳﻀﺎ ﻭﺿﻊ ﺍﻟﺠﺮﻳﺪ ﺍﻷﺧﻀﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻭﻛﺬﺍ ﺍﻟﺮﻳﺤﺎﻥ ﻭﻧﺤﻮﻩ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﻲﺀ ﺍﻟﺮﻃﺐ ﻭﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻠﻐﻴﺮ ﺃﺧﺬﻩ ﻣﻦ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻗﺒﻞ ﻳﺒﺴﻪ ﻷﻥ ﺻﺎﺣﺒﻪ ﻟﻢ ﻳﻌﺮﺽ ﻋﻨﻪ ﺇﻻ ﻋﻨﺪ ﻳﺒﺴﻪ ﻟﺰﻭﺍﻝ ﻧﻔﻌﻪ ﺍﻟﺬﻱ ﻛﺎﻥ ﻓﻴﻪ ﻭﻗﺖ ﺭﻃﻮﺑﺘﻪ ﻭﻫﻮ ﺍﻻﺳﺘﻐﻔﺎﺭ ) ﻭ ( ﺃﻥ ﻳﻮﺿﻊ ) ﻋﻨﺪ ﺭﺃﺳﻪ ﺣﺠﺮ ﺃﻭ ﺧﺸﺒﺔ ( ﺃﻭ ﻧﺤﻮ ﺫﻟﻚ ﻷﻧﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻭﺿﻊ ﻋﻨﺪ ﺭﺃﺱ ﻋﺜﻤﺎﻥ ﺑﻦ ﻣﻈﻌﻮﻥ ﺻﺨﺮﺓ ﻭﻗﺎﻝ ﺃﺗﻌﻠﻢ ﺑﻬﺎ ﻗﺒﺮ ﺃﺧﻲ ﻷﺩﻓﻦ ﺇﻟﻴﻪ ﻣﻦ ﻣﺎﺕ ﻣﻦ ﺃﻫﻠﻲ ﺭﻭﺍﻩ ﺃﺑﻮ ﺩﺍﻭﺩ ﻭﻋﻦ ﺍﻟﻤﺎﻭﺭﺩﻱ ﺍﺳﺘﺤﺒﺎﺏ ﺫﻟﻚ ﻋﻨﺪ ﺭﺟﻠﻴﻪ ﺃﻳﻀﺎ. كتاب مغني المحتاج الجز 1. ص 364.

 

Dasar Pengambilan :

ويندب وضع الشيء الرطب على القبر كالجريد الأخضر والريحان لأنه يستغفر للميت مادام ربا, ولا يجوز للغير أخذه قبل يبسه.  كتاب نهاية الزين الجز 1. ص 148.

 

2.   Hukum menanam pohon diatas kuburan. Jika menanam pohon di atas kuburan akar pohonnya dapat mencapai pada mayat, maka hukumnya haram. Namun jika tidak sampai pada mayat tersebut , maka hukumnya menjadi makruh bahkan ada ulama yang menharamkannya.

 Dasar Pengambilan:

ﻓﺎﺋﺪﺓ : ﻃﺮﺡ ﺍﻟﺸﺠﺮ ﺍﻷﺧﻀﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﺍﺳﺘﺤﺴﻨﻪ ﺑﻌﺾ ﺍﻟﻌﻠﻤﺎﺀ ﻭﺃﻧﻜﺮﻩ ﺍﻟﺨﻄﺎﺑﻲ ، ﻭﺃﻣﺎ ﻏﺮﺱ ﺍﻟﺸﺠﺮ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻘﺒﺮ ﻭﺳﻘﻴﻬﺎ ﻓﺈﻥ ﺃﺩﻯ ﻭﺻﻮﻝ ﺍﻟﻨﺪﺍﻭﺓ ﺃﻭ ﻋﺮﻭﻕ ﺍﻟﺸﺠﺮ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻤﻴﺖ ﺣﺮﻡ ، ﻭﺇﻻ ﻛﺮﻩ ﻛﺮﺍﻫﺔ ﺷﺪﻳﺪﺓ ، ﻭﻗﺪ ﻳﻘﺎﻝ ﻳﺤﺮﻡ . كتاب بغية المسترشدين الجز 1. ص 202. 

 

Wallaahu A’lamu Bis Showaab

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategories dan tag , . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s